Asrama Bina Siswa SMA Plus Cisarua
Asrama dan Sekolah Gratis Bagi Putra-Putri Perlu Dibantu di Lingkungan Provinsi Jawa Barat

TARI KREASI SUNDA

SANGGARA SILIWANGI

BINA SISWA SMA PLUS CISARUA PROVINSI JAWA BARAT

ANGKATAN XX & XXII

 

FESTIVAL BUDAYA SUNDA 2016 merupakan even tahunan Dinas Pendidikan Jawa Barat yang bekerja sama dengan Balai Bahasa dan Budaya Prov. Jabar beserta Trans Studio Bandung. Mengusung tema “Sanajan urang beda  tapi sarua….. Sanajan teu ngahiji  tapi saati… Ngamumule Budaya Sunda …Urang Sunda, Hayu Nyunda!

Merupakan kegiatan yang kedua yang dimana TRAN STUDIO BANDUNG sebelumnya berhasil menggelar acara Festival Budaya Sunda yang pertama. Kesenian Sunda yang diperlombakan merupakan kesenian sunda yang benar-benar patut di apresiasi seperti Angklung, Rampak Sekar, Dongeng, Pupuh, bahkan Gamelan degung, sebagai ajang lomba yang mempertahankan kearifan dari kultur murni budaya sunda.

Pada Even ini siswa BINA SISWA SMA PLUS CISARUA ikut mengapresiasi salah satu cabang lomba yaitu TARI KREASI SUNDA. Tari yang ditampilkan menceritakan sebuah kerajaan yang dipimpin opleh Raja SILIWANGI  yang makmur di tatar SUNDA dan sejahtera oleh pangan dari hasil panen petani. Raja yang bijaksana selalu melindungi barisan para petani sebagai pondasi ketahanan pangan kerajaan. Namun ditengah melimpahnya hasil panen ada musuh Raja yang ingin menghancurkan kesejahteraan Kerajaan Siliwangi. Musuh tersebut datang dari banyak kalangan. Namun Raja Siliwangi dengan balatentaranya mengerahkan seluruh kekuatan untuk menumpas musuh Kerajaan sebagai bentuk pemusnahan keangkaramurkaan di sekitar tatar Sunda Kerajaan Siliwangi. Sampai akhirnya musuh kerajaan tersebut berhasil di tumpas dan kerajaan kembali makmur sejahtera.

Dalam menggarap tarian ini siswa Bina Siswa hanya berlatih secara kondusif selama 2 minggu menuju perlombaan. Walaupun tujuan tari ini sebenarnya akan ditampilkan pada Acara Paturay Tineung Kelas XII Angkatan XX’VIII Siliwangi Sundabuana pada bulan mei 2017 mendatang. Kelas XII sendiri yang memandu garapan Tarian ini berkata bahwa mengikuti lomba di Festival Budaya Sunda adalah ajang berlatih untuk menampilkan yang lebih baik lagi di acara Paturay Tineung nanti.

Dari 38 sekolah yang berpartisipasi, Tim Tari Slayang Pandang Sanggara Siliwangi ini berhasil menjadi Juara ke-3. Yang notabene seluruh peserta tari kreasi menampilkan tari Jaipong Sunda biasa namun Bina Siswa mengemasnya dalam sebuah Drama Tari berbau epos sejarah. Dengan makna dan pesan yang terkandung cukup dalam. Peserta sendiri terdiri dari 7 orang kelas X dan 3 orang kelas XII, diantaranya:

  1. Mohammad Dandi Sulaiman-Kabupaten Cianjur
  2. Eko Nugraha-Kabupaten Garut
  3. Anton Nugroho-Kabupaten Karawang
  4. Rizal Fauzi -Kabupaten Tasikmalaya
  5. Dedy Abdul Majid-Kabupaten Ciamis
  6. Ali Abdurrahman-Kabupaten Ciamis
  7. Anpas Tohir Maulana-Kabupaten Purwakarta
  8. Dede Rudi Rosandi-Kabupaten Sukabumi
  9. Rahmat Hidayat-Kabupaten Ciamis
  10. Muhammad Miftahudin-Kabupaten Bandung Barat

Tidak hanya mengikuti perlombaan semata, namun peserta dengan official bahkan Pembina dari Bina Siswa SMA Plus ikut menghadiri Parade Trans Studio Bandung dengan menjajaki seluruh wahana yang ada di Trans Studio Bandung.

Oleh: Mohammad Dandi Sulaiman - Angkatan 20 - Kabupaten Cianjur

© 2017 All rights reserved at ASRAMA BINA SISWA SMA PLUS
Created By: atpdarminta@yahoo.co.id