Asrama Bina Siswa SMA Plus Cisarua
Asrama dan Sekolah Gratis Bagi Putra-Putri Perlu Dibantu di Lingkungan Provinsi Jawa Barat

Sebagian pelajar mungkin masih awam dengan kegiatan Parlemen Remaja yang diadakan oleh sekretriat jendral DPR RI yang bekerjasama dengan UI (Universitas  Indonesia) padahal kegiatan ini keren banget bagi pelajar yang memiliki antusias tinggi terhadap dunia politik dan pemerintahan karena di dalamnya terdapat rangkain kegiatan yang berkaitan dengan dunia pemerintahan dan politik khususnya bidang parlemen.

Berdasarkan hasil empiris pengalaman pribadi, saya di sini akan melaporkan kegiatan tersebut secara sederhana. Hari senin tepat pukul lima pagi saya berangkat dari Stasiun Cimahi mengunakan kereta Argo Parahyangan dan sampai di stasiun jati Negara pukul delapan dilanjutkan dengan menaiki kereta komuter line ke arah Stasiun Pasarsenen karena sesuai arahan panitia, titik penjemputan peserta ada di dua titik yaitu Stasiun Pasarsenen dan Bandara Soekarno hatta. Tidak memerlukan waktu yang lama akhirnya saya sampai di Stasiun Pasarsenen. Meskipun saya tidak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya karena jujur saja saya baru pertama kali menginjakan kaki di tanah Jakarta. Pada saat keluar gerbang stasiun saya sudah disambut hangat oleh panitia dan televise parlemen. Katanya untuk ditayangkan di stasiun TV tersebut, saya sedikit kaget karena hanya saya yang ditunggu di stasiun sedangkan peserta yang lainnya dijemput di Bandara Soekarno Hatta. Kami langsung bergegas menuju arah bandara untuk menjemput peserta yang lainnya, berdasarkan arahan panitia saya harus ikut terlebih dahulu kearah bandara. Sesampainya di bandara, saya sempat kaget karena melihat peserta yang berasal dari seluruh nusantara dengan batas setiap provinsi hanya empat orang yang dipilih berdasarkan seleksi essai dan hanya 136 peserta yang berhasil lolosdari total pendaftar 1.340 siwa seindonesia. Tidak lama kami langsung bergabung dan menuju wisma DPR puncak cisarua Bogor. Kurang lebih 2 jam waktu perjalanan kami habiskan dengan berinteraksi dan saya merasa sangat senang karena peserta yang lain tidak hanya cerdas dan pintar tapi lebih dari itu mereka sangat baik terhadap saya. Pukul 14.00, Sampailah kami di tempat yang sudah ditentukan sebelumnya yaitu wisma DPR Puncak Bogor. Kami langsung diberi fasilitas berupa tas, jaket, dan ATK untuk keperluan penunjang kegiatan tersebut. Selanjutnya, kami langsung diantar menuju vila yang berisi 4 orang per vila dengan ditunjang fasilitas yang berkelas tentunya. Pukul 19.30, kami diintruksikan untuk menuju ruang simulasi rapat DPR untuk diberiarahan selama kegiatan apa saja yang harus dipersiapkan dan dilakukan oleh kami selaku peserta. Dengan dibimbing beberapa fasilitator dari pihak sekretariat jendral DPR RI, kami bukan hanya dikenalkan tentang dunia parlemen tapi kami juga dituntut untuk menjadi angota parlemen atau anggota dewan yang ideal. Pukul 21.30, arahan yang diberikan fasilitator dicukup kandan kami langsung beristirahat untuk persiapan kegiatan selanjutnya. Pukul 03.30, saya bergegas bangun untuk persiapan shalat shubuh. Ternyata tidak sedikit peserta yang non muslim oleh karena itu saya harus bertindak toleransi agar tetap akrab dengan meraka. Pukul 06.00, saya melakukan jogging pagi dan mengajak peserta lain untuk bersama-sama berolah raga dengan tujuan agar keakraban meningkat di antara peserta dan benar saja mereka sangat antusias jogging bersama saya. Pukul 09.00 di hari kedua ini, kami diberikan materi berupa :

1. Dinamika kelompok
  2. Pengenalan parlemen, pengertian, tugas, fungsi, wewenang DPR, dan tanggung jawab DPR
  3. Mekanisme pembuatan undang-undang yang baik
  4. Pengenalan tema kegiatan “ ketahanan pangan nasional

Di sela-sela jam istirahat dan shalat, saya memanfaatkan waktu tersebut untuk mengenal lebih jauh peserta parlemen remaja yang sangat luar biasa. Mayoritas dari mereka merupakan siswa dan siswi berprestasi di kancah nasional dan internasional. Bangga rasanya menjadi bagian dari mereka. Pukul 21.30, kami selesai mendapatkan pembekalan materi. Kami langsung bergegas kevila untuk beristirahat karena sesuai agenda yang ditentukan panitia bahwa besok, di hari ketiga kami akan melakukan kunjungan kerja sebagaimana yang dilakukan anggota dewan sebenarnya ke GAPOKTAN ( Gabungan Kelompok Tani ) Pasir Ucing, Cianjur. Pemberangkatan dimulai pukul 07.30, di sana kami berdialog dengan petani local untuk mengumpulkan informasi tentang permasalahan holtikultura yang akan kami susun untuk menjadi sebuah kebijakan dalam bidang holtikultura. Pukul 15.00, kami selesai mengumpulkan informasi yang berguna untuk penyusunan kebijakan dalam bidang holtikultura. Pukul 19.00, kami diarahkan untuk berkumpul di gedung simula sirapat DPR, untuk selanjutnya dibagikan fraksi dan saya mendapatKAN fraksi ketujuh yaitu fraksi kutai kelas pengawasan dengan ketua saya pribadi. Setelah mendapatkan fraksi masing-masing, kami langsung menyusun beberapa orientasi atau tujuan fraksi kami. Fraksi kami berorientasi pada pemberdayaan SDM yaitu petani yang menjadi subjek utama dalam bidang holtikutura dengan singkronisasi kebijakan yang berpihak kepada petani dari kebijakan pemerintah khusunya menteri pertanian RI. Selanjutnya pada pukul 20.30, kami melakukan simulasi rapat anggota dewan kelas pengawasan, kelas legislasi, dan terakhir rapat umum paripurna. Karena pada hari keempat yaitu besok merupakan rapat yang sesungguhnya di Gedung DPR/MPR RI. Pukul 23.30, kami baru bisa tidur karena menyusun semaksimal mungkin apa yang akan kami sampai kanpa darapat yang sebenarnya di esok hari. Hari yang kami tunggu-tunggu pun akhirnya tiba. Pukul 03.30, kami bergegas maninggalkan vila dengan semua barang-barang pribadi untuk dibawa kedalam bus karena direncanakan setelah kegiatan pokok yaitu rapat di gedung DPR/MPR RI kegiatan selanjutnya kami akan menginap di wisma Makara UI.

Pukul 04.00, kami berangkat meninggalkan wisma DPR Puncak Cisarua, Bogor menuju Jakarta Pusat yaitu komplek gedung DPR/MPR RI. Pukul 06.00, kami sampai dan langsung mengikuti acara pembukaan yang dibuka langsung oleh ketua DPR RI bapak. DR. H. Ade Komarudin, MH. Dilanjutkan derngan berjalan-jalan mengelilingi komplek bangunan gedung DPR/MPR dan kami juga mengikuti upacara hari pahlawan dengan para pegawai secretariat jendral DPR/MPR RI. Pukul 09.00, acara yang sesungguhnya dimulai yaitu rapat di kelas pengawasan dengan bahasan pokok berbagai program Menteri Pertanian RI dalam mengatasi permasalahan dalam bidang holtikultura. Pukul 13.00, kami melanjutkan rapat dan berpindah ke ruangan rapat paripurna DPR/MPR RI. Rapat berjalan dengan lancar dan luar biasa karena kualitas yang dibahas menyamai seperti anggota dewan yang sebenarnya( ujar pasilitator). Dilanjutkan dengan beberapa pengumuman diantaranya pengumuman peserta terbaik. Syukur Alhamdulillah, saya usep mulyadi menjadi salah satu peserta terbaik dari lima orang peserta yang mendapatkan anugerah tersebut.

Pukul 17.00, rapat paripurna selesai dilaksanakan dengan hasil yang diharapkan oleh semua pihak termasuk kami selaku peserta. Dilanjutkan dengan agenda menuju wisma Makara UI untuk beristirhat dan kami tiba larut malam karena kondisi yang macet parah. Pukul 06.00, kami berkeliling UI untuk selanjutnya mendapatkan sosialisasi mengenai Universitas Indonesia yang menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia. Hari jum’at pukul 1300, rangkaian acara telah selesai dilaksanakan dan kami harus bergegas pulang menuju daerah masing-masing dengan tanggung jawab yang besar. Semua peserta menangis, bukan karena mereka cengeng tapi di balik itu semua kami sedih harus berpisah dengan orang-orang terpilih dari seluruh Indonesia. Saya berharap acara ini menajdi titik awal bagi kami selaku para pemuda bangsa Indonesia untuk terus berkaya.

Oleh: Usep Mulyadi, Angkatan 20 Asrama Bina Siswa, Kontingen Kabupaten Bandung Barat